Adjoin Matriks

Nama : Angel Natassya Lumbantobing
Nim : 202231004

                    ADJOIN MATRIKS

Pengertian dari matriks itu sendiri adalah sekumpulan bilangan yang akan disusun secara baris atau kolom di dalam suatu tanda kurung. Bilangan yang membentuk suatu matriks, akan disebut sebagai elemen-elemen matriks. Matriks akan sangat berguna adalah untuk menyederhanakan penyampaian data, sehingga akan mudah untuk diolah nantinya. Sangat bermanfaat dalam proses penelitian.

Adjoin dari matriks persegi A = [aij] nxn didefinisikan sebagai transpos dari matriks [Aij] nxn di mana Aij adalah kofaktor dari elemen aij. Adjoin dari matriks A dilambangkan dengan adj A. Untuk mencari adjoin dari sebuah matriks, pertama-tama cari kofaktor dari matriks yang diberikan. Kemudian temukan transpos dari matriks kofaktor tersebut.
Minor suatu matriks 𝐴 dilambangkan dengan 𝑀𝑖j ,merupakan determinan matriks bagian dari matriks 𝐴 yang diperoleh dengan cara menghilangkan elemen–elemen pada baris ke-𝑖 dan juga elemen pada kolom ke-𝑗. Minor ini hanya bisa ditemukan pada matriks 2 x 2 ke atas, sehingga matrik 1 x 1 tidak akan memiliki minor.

Kofaktor merupakan hasil perkalian minor dengan suatu angka yang besarnya menuruti suatu aturan yaitu (-1)i+j , i adalah baris dan j adalah kolom. Kofaktor dari sebuah elemen baris ke-𝑖 dan kolom ke-𝑗 dari matriks A akan bisa dikenali melalui lambangnya, yaitu Cij.

Cij = (-1)i+j . Mij

Sama seperti minor jumlah kofaktor suatu matriks mengikuti jumlah elemen matriks tersebut.

Pengertian Matriks Kofaktor

Matriks kofaktor adalah matriks yang terdiri dari kofaktor-kofaktor matriks itu sendiri. Apabila terdapat suatu matriks A, maka matriks kofaktor A merupakan matriks yang akan terdiri dari kofaktor-kofaktor matriks A. Susunan elemen matriks kofaktor akan mengikuti susunan (letak) kofaktor-kofaktornya.

Contoh Soal : 

Postingan populer dari blog ini

Transformasi Linear